Jumat, 04 Maret 2011

Syahid akhirat siapa saja ?

oleh Ahsan Qomaruzzaman

Syahid itu ada 3 macam :

1. Syahid dunia akhirat

2. Syahid dunia

3. Syahid akhirat

yang menjadi pembahasan kali ini syahid akhirat.

Adapun orang yang termasuk mati syahid akhirat adalah :

1. Orang yang sakit perut, yaitu : orang yang mati karena sakit perut. Baik berupa busung air ( perutnya di penuhi cairan kuning ) atau sebab urus-urus (mencret)

2. Orang yang mati tenggelam, meskipun tenggelamnya di sebabkan maksiat, dengan meminum minuman keras, bukan orang yang tenggelam di sebabkan naik perahu atau kapal laut pada waktu angin ribut. Orang yang tenggelam dg cara seperti ini bukan termasuk syahid.

3. Orang yang mati sebab penyakit tho'un meskipun tdk pada waktu mewabahnya penyakit thoun atau dg sebab selain thoun namun pada waktu mewabhnya thoun atau setelahny dg syarat bersabar dan mengharap pahala dari ALLAH

4. orang yang mati di sebabkan rindu dendam dengan syarat menjaga diri dari hal yang di haramkan meskipun dari hanya sekedar melihat orang yang di cintai. Seandainya ia berduaan dengan orang yang di cintai, tidak akan melanggar norma2 syar'i, selain itu juga bisa menyimpan rindu dendamnya, sampai2 kepada orang yang di cintai pun, ia tidak pernah memperlihatkan nya.

5. Wanita yang mati karena sakit melahirkan meskipun hasil dari perzinahan dengan syarat tidak bermaksud untuk menggugurkan kandungan nya (aborsi)

6. Orang yang di bunuh secara dzolim meskipun hanya melihat keadaannya saja. Misalny orang yang sebenarnya harus di hukum dengan memancung kepalanya kemudian di bunuh dengan membelah badan nya.

7. Orang mati dalam pengembaraan meskipun pengembaraan nya itu tergolong maksiat. Misalnya budak yang pergi tanpa pamit dan juga istri yang pergi karena nusyuz pada suaminya.

8. Orang yang mati pada waktu mencari ilmu meskipun berada di tempat tidurnya.

9. Orang yang mati terbakar api

10. Orang yang mati karena robohnya bangunan

11. Begtu juga orang yang mati mendadak atau di negeri musuh seperti yang di komentarkan ibnu ar-rif'ah

12. Begitu juga termasuk syahid akherat, orang yang mati dengan sebab di had, baik pelaksanaan tersebut melebihi ketentuan ataupun tidak, berdasarkan kemauan sendiri (taubat) ataupun tidak. Pengertian syahid bagi mereka adalah terus menerusnya mendapat rizki di sisi tuhan nya, dan dalam keadaan hidup bebas di alam barzakh. Demikian ini di komentarkan al-hasani

(nihayah az-zain hal 160 lin nawawi al-bantani)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar